Sabtu, 14 September 2013

CARIES DENTIS

Lubang gigi (caries dentis) 

Gigi adalah jaringan tubuh yang paling keras dibanding bagian tubuh yang lainnya. Dengan struktur yang berlapis mulai dari email yang amat keras, dentin (tulang gigi) di dalamnya, pulpa yang berisi pembuluh darah, pembuluh saraf, pembuluh getah bening dan bagian lain yang memperkokoh gigi. Namun demikian, apabila gigi tidak memperoleh perawatan semestinya, maka mudah sekali mengalami kerusakan.

 Lubang pada gigi (Caries Dentis) merupakan proses kerusakan gigi yang diawali dengan adanya penumpukan sisa makanan pada permukaan gigi yang disebut 'food debris'  yang lama kelamaan akan menebal disebut 'plak', dan akhirnya akan mengeras seperti karang yang disebut 'karang gigi'. Jutaan kuan didalam mulut kita senang sekali berkumpul di dalam karang gigi ini. Mereka akan mengeluarkan asam yang dapat mengeluarkan asam yang dapat membusukkan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang yang disebut 'caries'.

Banyak faktor yang menyebbkan terjadinya caries, antara lain:

  • Bentuk gigi yang tidak beraturan dan air ludah yang banyak lagi kental mempermudah terjadinya caries.
  • Adanya bakteri / kuman dari jenis Strepcoccus dan Lactobacillus.
  • Makanan yang kita konsumsi yaitu makanan yang manis, mudah lengket dan menempel pada gigi seperti permen, cokelat, kue, dan lain-lain.
  • Kesadaran akan pemeliharaan kesehatan gigi yang  menentukan tingkat kebersihan mulut.
(drg. Hellen Amalia, Sp.KGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar